Filsafat Tanaman Teratai yang Penuh Makna

Teratai (Nymphaea) adalah nama sejenis genus tanaman air dari suku Nymphaeaceae yang berasal dari Mesir.

Filsafat Tanaman Teratai yang Penuh Makna
sumber : www.genpi.co

Teratai (Nymphaea) adalah nama sejenis genus tanaman air dari suku Nymphaeaceae yang berasal dari Mesir. Tanaman ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama water-lily atau waterlily dan tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa.

Tangkai daun teratai terletak persis di tengah-tengah daun yang berbentuk oval memanjang. Pada permukaan daunnya tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air. Teratai ini mempunyai bunga yang indah dengan diameter bunga antara 5–10 cm.

Menurut filsafat India, teratai adalah simbol penciptaan dan dipercaya sebagai peta mitologi seluruh dunia. Selain itu bagi bangsa India, teratai merupakan simbol kemurnian, spontanitas, dan kecantikan Ilahi.

Sang Budha dan Bunga Teratai dalam Filsafat India (sumber i.pinimg.com)

Tanaman teratai muncul dari air yang tidak bersih, lalu menjadi mekar sebagai bunga murni yang  tidak tercemar. Faktanya, meskipun teratai tumbuh di air berlumpur, keindahannya masih tetap terjaga. Meskipun berada di dalam air, daun teratai tidak pernah basah. Hal ini mengajarkan kita untuk melakukan perbuatan baik tanpa mengharapkan imbalan atas tindakan tersebut dan juga tidak peduli dengan faktor eksternal yang mungkin mempengaruhinya (sumber: speakingtree.in).

Berdasarkan sumber yang dilansir dari laman iphincow.com, disebutkan bahwa terdapat beberapa filosofi unik terkait bunga teratai. Salah satunya adalah percaya bahwa berbeda dengan yang lain bukan penghalang untuk menjadi yang terbaik. Teratai tumbuh di lingkungan yang keruh dan berbau kurang sedap, tetapi tanaman ini berusaha menutupinya dengan daun yang lebar dan keindahan bunganya sehingga orang yang melihatnya menjadi terpesona.

Jika kita analogikan, seandainya kita hidup di lingkungan keluarga atau masyarakat sekitar yang berbeda dan sering dipandang rendah karena dianggap sulit menggapai kesuksesan maka hal itu jangan dijadikan penghalang untuk mencapai cita-cita. Bahkan, kita bisa mengharumkan lingkungan hidup kita dengan keberhasilan dan kebaikan yang telah kita perjuangkan.

Ternyata, bunga teratai bukan saja dikenal dengan keindahannya, tetapi juga mempunyai legenda tersendiri. Sejak lama bunga teratai ini dipercaya oleh masyarakat bangsa Mesir kuno mempunyai sebuah nilai mistis yang sangat kuat.

Lukisan keindahan tanaman teratai (sumber museumartpaintings.com)

Hal tersebut dikuatkan dengan sebuah kisah legendaris yang menyebutkan kalau bunga teratai itu telah ada dan hidup di air yang sangat gelap, tetapi mahkotanya tetap tertutup. Saat mahkotanya mulai membuka dan mekar maka pada saat itulah sang Dewa Matahari Ra akan bangkit, serta akan menciptakan sebuah kehidupan.

Kisah mistis seperti ini ternyata tidak hanya ada dalam legenda Mesir kuno. Namun, ada juga legendanya di beberapa beberapa negara yang penduduknya beragama Budha. Kita bisa melihat beberapa gambar sang Budha yang sedang duduk di atas sebuah bunga teratai.

Berdasarkan kepercayaan tersebut, umat Budha juga mulai menyimbolkan kalau bunga teratai itu sebagai sebuah kesuksesan dari sebuah ujian ataupun pernikahan. Selain itu ada juga yang memercayai bunga teratai memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat daun teratai sebagai salah satu bahan obat yang bermakna bagi kehidupan telah mengilhami keluarga Yopi Mesa Yudi yang memiliki resep rahasia pengobatan tradisonal China kuno yang merupakan hasil ramuan keluarga yang sudah diwariskan secara turun temurun dan terbukti khasiatnya. Keluarga Yudi memutuskan untuk menggunakan nama PT Daun Teratai untuk memproduksi obat herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao atau lebih dikenal dengan nama Obat Herbal Daun Teratai.

PT Daun Teratai ternyata sudah berdiri sejak 1986 dan memiliki pabrik obat herbal di kota Bandung dengan peralatan medis yang modern dan dibuat secara profesional sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Produknya pun telah di uji secara klinis oleh tim Ilmuwan yang berpengalaman di Rumah Sakit Kanker Darmais dan Kampus Universitas Gajah Mada.