Simak Ya! Begini Cara Kendalikan Gula Darah saat Berpuasa

Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Banyak literatur dan pembuktian jika puasa di siang hari akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Simak Ya! Begini Cara Kendalikan Gula Darah saat Berpuasa
Ilustrasi Cara Mengendalikan Gula Darah Saat Berpuasa, Sumber Gambar: Dok. Sehatq

Cara terbaik menyembuhkan penyakit diabetes adalah dengan mengendalikan kadar glukosa. Faktor penting yang harus diperhatikan adalah asupan makanan dan minuman sehari-hari. Pasien diabetes harus mampu mengatur pola makannya agar gula darah pada tubuh tetap stabil. Lalu bagaimana saat bulan Ramadhan tiba, apakah puasa akan berdampak pada kadar gula darah dalam tubuh?

Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Banyak literatur dan pembuktian jika puasa di siang hari akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Untuk orang yang memiliki penyakit diabetes, puasa masih dapat dilakukan selama keadaan tubuhnya baik-baik saja. Sebelum melakukan puasa, sebaiknya pasien diabetes melakukan cek kadar glukosa dalam tubuh.

Kegunaan Puasa dan Cara Mengendalikan Gula Darah

Saat berpuasa, badan manusia akan memanfaatkan glukosa yang ada dalam otot dan hati sebagai sumber tenaga. Kondisi ini dapat mengakibatkan glukosa dan glikogen berkurang, sehingga menyebabkan orang berpuasa sering merasa lemas. Saat kedua zat itu berkurang, maka energi akan dihasilkan dari lemak. Inilah sebabnya saat berpuasa berat badan seseorang bisa menurun. Penurunan bobot tubuh ini akan sangat berpengaruh terhadap kadar glukosa.

Jika pasien diabetes mengikuti aturan puasa yang benar, maka keadaannya akan tetap baik-baik saja. Caranya adalah:

  • Mengatur waktu sahur ketika mau imsak agar energi yang tersimpan akan cukup selama siang hari.
  • Berbuka dengan air putih untuk memberi asupan cairan yang cukup dalam tubuh.
  • Pilihlah menu makanan yang tidak manis. Bisa diganti dengan buah dengan manis alami, gandum, sayuran berserat, ikan, daging tanpa lemak, dan jenis makanan lain yang tidak memberi dampak buruk terhadap gula darah.
  • Mengatur porsi makan. Ini diperlukan agar asupan gizi dan glukosa tetap terjaga.
  • Rutin memeriksa kadar gula dalam darah.
  • Memindahkan jadwal minum obat dokter/herbal sesuai dengan dosis pada saat sahur dan buka.

Kadar glukosa yang normal yaitu 70-130 mg/DL. Jika angka bertambah atau berkurang maka itu tandanya ada yang tidak beres dengan tubuh. Ketika saat berpuasa tiba-tiba saja mengalami pusing lemas, pandangan yang buram, debar jantung semakin keras, maka harus segera membatalkan puasa.

Alasan sakit mendapat keringanan untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Namun jika ingin tetap berpuasa dengan lancar, tentu saja harus mau melakukan banyak usaha. Diantaranya yaitu meminum obat yang bisa mengendalikan glukosa ketika sedang berpuasa.

PT Daun Teratai yang memproduksi NUTRIGOLD D, melakukan upaya maksimal untuk menciptakan produk unggulan khusus untuk penyakit diabetes. Uji toksisitas yang dilakukan di Laboratorium Farmakologi & Toksikologi Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada menunjukkan NUTRIGOLD D dengan dosis maksimal 6250,23 mg/kg BB tidak memberikan gejala toksik dan tidak berdampak toksik sehingga akan aman untuk diminum.

Komposisi NUTRIGOLD D yang berasal dari tumbuhan alami mampu mengatasi berbagai keluhan yang biasa dialami oleh pasien diabetes. Di mana obat herbal ini telah mendapat izin BPOM dengan nomor registrasi POM TR 063356881.

Melalui layanan konsultasi gratis pada Tim Medical Customer Care, masyarakat dapat bertanya lebih jauh tentang khasiat ataupun dosis NUTRIGOLD D yang tepat. PENGOBATAN GRATIS ini dapat diikuti oleh semua masyarakat dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh PT. Daun Teratai. Mari lancarkan ibadah puasa dengan sembuhkan diabetes bersama NUTRIGOLD D.