Perokok Harus Waspada dengan Penyakit Kanker Paru-paru

Terdapat beberapa jenis kanker yang siap menyerang tubuh manusia, salah satunya adalah kanker paru-paru.

Perokok Harus Waspada dengan Penyakit Kanker Paru-paru
Ilustrasi Jenis Kanker Paru-paru, Sumber Gambar: Dok. Freepik

Terdapat beberapa jenis kanker yang siap menyerang tubuh manusia, salah satunya adalah kanker paru-paru. Penyakit yang menyerang bagian vital manusia untuk bernafas ini menjadi kanker jenis ketiga yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Pada awalnya penyakit kanker paru-paru lebih banyak diderita oleh kaum pria, tetapi kini telah banyak perempuan juga yang mengalaminya. Faktor utama penyebabnya adalah rokok.

Perokok aktif berpeluang besar untuk mengalami tumbuhnya sel abnormal di sekitar paru-paru. Namun tak menutup kemungkinan asap rokok yang dikeluarkannya dapat juga mengotori paru-paru orang di sekitarnya (perokok pasif). Terdapat pula kasus yang disebabkan oleh pencemaran udara sebagai akibat dari polusi. Zat kimia yang terpapar di lingkungan dapat diserap oleh paru-paru dan merusaknya dalam jangka waktu tertentu.

Gejala yang ditimbulkan pada setiap pasien berbeda. Ada yang cepat menunjukkan reaksi ketika terkena polusi udara, tetapi ada pula yang hadir karena proses penumpukan setelah beberapa lama. Tanda-tanda awal yang biasa muncul diantranya:

  • Batuk yang tak kunjung sembuh, kadang juga disertai dengan keluaran darah.
  • Berat badan turun dengan drastis.
  • Mengalami rasa sakit pada dada dan tulang rusuk.
  • Nafas terasa berat dan sesak.

Jenis Kanker Paru-paru

Ketika sudah mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Tim kesehatan akan memberikan berbagai tes agar kondisi paru-paru pasien diketahui secara akurat. Misalnya melalui tes CT Scan, Rontgen, dan biopsi sel paru-paru. Hasil pemeriksaan ini menjadi acuan dokter untuk menentukan jenis kanker, kemudian mulai menentukan terapi pengobatannya.

Terdapat dua tipe kanker paru-paru, yaitu:

  • Kanker paru-paru non-sel kecil (NSCLC)

Pada umumnya, masyarakat lebih banyak mengidap jenis kanker paru-paru ini. Penyebaran kanker ini tergolong lambat karena memiliki tingkat agresivitasnya rendah sehingga dapat disembuhkan dengan melakukan kemoterapi, terapi sinar radiasi atau pengangkatan sel abnormal. Kanker ini biasanya akan mengenai satu paru-paru saja.

  • Kanker paru-paru sel kecil (SCLC)

Jenis kanker ini penyebarannya lebih cepat dibanding dengan kanker paru-paru non sel kecil. SCLS dapat menyebar melalui sistem peredaran darah sehingga dapat merusak organ tubuh lainnya. Cara mengobati kanker ini yaitu dengan kemoterapi.

Jenis kanker ini memiliki 4 stadium yang dibedakan dari tingkat keparahannya. Dimulai dari sel yang ditemui pada lapisan dalam paru-paru hingga penyebarannya yang bisa menjamah organ tubuh yang jauh dengan paru-paru.

Pengobatan Kanker Paru-paru

Perawatan pasien kanker paru-paru harus dilakukan dengan insentif karena dapat berakibat buruk jika terlambat ditangani. Pada umumnya, dokter akan memberi pengobatan yang berbeda sesuai dengan kondisi alat pernafasan dari hasil tes laboratorium.

  • Operasi

Pembedahan dilakukan sebagai upaya mengangkat sel abnormal serta kelenjar limfa yang biasanya akan timbul di area tumbuh kanker.

  • Terapi radiologi

Penggunaan sinar radiasi bertujuan untuk memusnahkan sel kanker dan hanya terfokus pada bagian yang terpapar saja.

  • Kemoterapi

Obat kimia atau yang biasa dikenal dengan obat antikanker digunakan agar ukuran sel abnormal dapat diminimalisir lalu dihancurkan. Jenis obat yang diberikan akan bekerja dalam sistem peredaran darah merah kemudian mengalir ke dalam paru-paru.

  • Pengobatan kanker tertarget

Maksud pengobatan kanker ini adalah fokus pada pengobatan untuk mencegah sel abormal berkembang dan meluas. Biasanya akan dilakukan pada kanker paru-paru sel non kecil.

Obati Kanker Paru-paru Dengan Herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao

Ramuan herbal dari China, Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao dapat menyembuhkan kanker paru-paru. Zat kandungan bahan alami yang ada di dalamnya masuk dalam peredaran darah dan ampuh membasmi sel abnormal. Senyawa mineral germanium dan polisakarida secara efektif menghentikan pertumbuhan sel kanker dalam paru-paru dan membersihkan tubuh dari toksin nikotin.

Telah ada testimoni dari beberapa pasien kanker paru-paru yang sembuh setelah mengonsumsi kapsul Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao dengan teratur. Setelah memeriksakan kembali ke dokter, ternyata mereka dinyatakan jika sel kanker yang ada di paru-parunya telah hilang. Tak hanya itu, kondisi alat pernafasannya pun kembali bekerja normal.