Penting! Berikut 5 Jenis Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Walau diabetes bisa diturunkan secara genetika, faktor pola kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari merupakan pemicu utamanya.

Penting! Berikut 5 Jenis Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi 5 Jenis Makanan Untuk Penderita Diabetes, Sumber Gambar: Dok. Tempo

Walau diabetes bisa diturunkan secara genetika, faktor pola kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari merupakan pemicu utamanya. Banyak sekali aktivitas yang bisa memicu keadaan gula dalam darah berubah tidak seimbang. Misalnya kurang aktivitas menggerakkan badan, waktu istirahat yang tak teratur, dan asupan nutrisi yang tidak terjaga.

Telah dibuktikan melalui berbagai penelitian jika asupan makan menjadi poin utama pemicu bagi sebagian besar pasien diabetes. Walau memilih jenis makanan dengan kandungan gizi yang bagus dan bersih, tetapi tak semua zat yang ada di dalamnya akan aman untuk tubuh. Nyatanya ada ragam penganan yang membuat produksi insulin tidak terkendali.

Penganan yang harus dihindari.

  • Penganan dengan karbohidrat tinggi

Gula darah bisa melonjak tinggi karena karbohidrat yang terkandung di makanan itu tidak bisa diproses maksimal dan efisien oleh sistem metabolisme. Penganan berkarbohidrat tinggi misalnya nasi, kentang yang digoreng, roti-rotian, pasta, tepung.

  • Penganan berlemak jenuh

Makanan berlemak jenuh memang berpotensi dampak buruk bagi sistem metabolisme. Untuk pasien diabetes, lemak jenuh akan mengakibatkan ketahanan insulin yang beresiko pada kondisi glukosa. Penganan dengan lemak jenuh yang besar bisa ditemukan dalam keju, daging, krimer, junk food, keripik kentang, dan berbagai jenis kue.

  • Buah yang diawetkan

Buah-buahan yang diawetkan melalui proses pengeringan seperti kismis mengandung gula serta karbohidrat  yang besar. Buah-buahan yang dibekukan dan dimasukkan dalam kemasan juga memiliki potensi untuk menyebabkan ketidakseimbangan keadaan glukosa.

  • Cairan yang rasanya manis

Fruktosa (jenis karbohidrat tinggi) ditemukan pada larutan dengan rasa manis. Fruktosa terindikasi bisa mengakibatkan bertambahnya berat badan tak normal (obesitas) dan ketahanan pada hormon insulin. Penggunaan zat pemanis seperti gula, sirup atau karamel yang berlebih pada minuman akan berdampak negatif pada tubuh.

5 makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes:

  • Brokoli

Brokoli dapat menambah tingkat kepekaan insulin serta meminimkan kadar gula yang disebabkan oleh kandungan sulforaphane yang ada di dalamnya.

  • Seafood

Binatang laut memiliki unsur protein tinggi yang berfungsi untuk menjaga kadar gula serta sangat berperan untuk mengendalikan lemak sehingga tidak mengganggu terhadap proses produksi insulin.

  • Labu

Labu memiliki kandungan karbohidrat (polisakarida) yang berfungsi menjaga keadaan gula darah tetap normal.

  • Advokat

Lemak yang baik untuk tubuh, serat, mineral, serta vitamin terkandung dalam alpukat. Seua zat itu mampu membuat keadaan gula menjadi normal.

  • Olahan dari kulit padi (bekatul/oat)

Kulit padi yang telah diolah biasa dikenal dengan bekatul (oat). Penganan ini memiliki serat alami yang besar sehingga bisa meminimalkan glukosa pada darah.

Nutrigold D Turut Memproteksi Keadaan Glukosa Darah

Tak hanya menjaga konsumsi makanan dan minuman, tubuh memerlukan zat tambahan gula darah terkendali. Nutrigold D bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk menjaga serta memperbaiki keadaan glukosa darah yang tidak seimbang pada tubuh penderita diabetes. Ini disebabkan oleh Germanium dan Polisakarida sebagai zat mineral pendukung utama Nutrigold D mampu mengendalikan dan membuat normal gula darah.

Uji klinis telah dilakukan oleh tim ahli dari Universitas Gadjah Mada dan Rumah Sakit Kanker Dharmis Jakarta, dan menjadi landasan bagi pemerintah mengeluarkan izin produksi serta peredarannya. Nutrigold D juga telah termasuk ke dalam kategori Obat Herbal Terstandar (OHT) dengan POM TR. 063 356 881.

Selain zat yang terkandung di dalamnya, proses yang higienis serta khasiatnya yang telah banyak dirasakan oleh masyarakat membuat PT. Daun Teratai, perusahaan yang memproduksi Nutrigold D, mendapat Piagam Penghargaan Muslimat NU dan mendapatkan label HALAL dari MUI.