Pasien Diabetes Mau Lancar dan Aman Menjalankan Ibadah Puasa? Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi bagi pasien diabetes yang berpuasa. Walau diberikan izin untuk mengikuti ibadah saum selama bulan Ramadan, namun asupan makanan harus lebih ekstra dijaga pada saat sahur dan berbuka.

Pasien Diabetes Mau Lancar dan Aman Menjalankan Ibadah Puasa? Hindari Makanan dan Minuman Ini!
Ilustrasi Menjaga Pola Makan Untuk Pasien Diabetes, Sumber Gambar: Dok. HalloSehat

Tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi bagi pasien diabetes yang berpuasa. Walau diberikan izin untuk mengikuti ibadah puasa selama bulan Ramadhan, namun asupan makanan harus lebih ekstra dijaga pada saat sahur dan berbuka. Kadar glukosa dalam darah menjadi lebih rentan untuk naik atau turun dengan drastis dan berpeluang memicu komplikasi penyakit lainnya.

Saat berpuasa, jadwal makan dan minum menjadi berkurang, yaitu hanya dua kali saja. Bagi pasien diabetes harus tetap memilih dan menakar jenis makanan serta minuman saat sahur dan buka. Walau sunah Rasul mengatakan untuk berbuka dengan yang manis, orang yang sakit diabetes harus tetap menghindari makanan yang mengandung gula. Ini bertujuan agar tubuh tidak menyerap glukosa terlalu cepat sehingga kadar glukosa melonjak naik.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Pasien Diabetes

Beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur dan buka bagi pasien diabetes antara lain:

  • Makanan dan minuman yang terlalu manis.

Rasa manis akan membuat kadar gula meningkat dengan cepat sehingga tubuh akan menunjukkan reaksi yang tidak baik. Resiko lain yang dapat ditimbulkan dari rasa manis dari gula yaitu terjadinya resistensi insulin.

  • Makanan mengandung lemak jahat.

Lemak jahat memang tidak secara langsung mempengaruhi kenaikan glukosa dalam tubuh. Namun lemak yang berlebih akan menghasilkan asam lemak yang banyak pula. Asam lemak mampu mengganggu proses produksi insulin sehingga akan menurunkan kadar gula dalam darah atau resistensi insulin.

  • Makanan mengandung karbohidrat tinggi.

Zat karbohidrat yang tinggi terdapat pada jenis makanan sedikit serat namun mengandung banyak gula. Ketika tubuh kekurangan serat, maka darah semakin lambat menyerap gula. Inilah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Contoh makanan berkarbohidrat tinggi yaitu nasi putih dan roti biasa.

  • Buah yang dikeringkan

Jenis buah ini akan memiliki kadar gula yang sangat tinggi yang disebabkan oleh kandungan air yang telah habis. Ini tentu tidak baik bagi tubuh karena memicu glukosa dalam tubuh bertambah tinggi.

  • Makanan ringan yang dikemas.

Kue yang dikemas akan memiliki kadar gula yang tinggi. Bahan kue yang terbuat dari tepung, gula dan bahan lain yang tidak memiliki nutrisi yang baik untuk pasien diabetes.

Tips Puasa Sehat Untuk Pasien Diabetes

Selain menghindari makanan yang menyebabkan gula darah tidak stabil, mengatur pola makan pun harus tetap dilakukan. Tetaplah mengatur takaran asupan makanan, yang penting adalah nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Perbanyak minum air mineral sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan selama berpuasa. Pilih waktu makan mendekati imsak saat sahur dan makan tidak terlalu malam pada saat berbuka.

Gunakan Obat Herbal Selama Berpuasa

Dampingilah dengan tetap mengonsumsi obat saat sahur dan buka akan membantu tubuh tetap fit. Obat herbal ataupun herbal akan membantu menjaga gula darah tetap stabil.

NUTRIGOLD D adalah obat herbal terpercaya yang dapat menemani pasien diabetes untuk berpuasa. Dengan meminum Nutrigold secara teratur, maka komposisi di dalamnya mampu mencukupi kebutuhan insulin dan mengendalikan glukosa tetap normal.

Pada bulan Ramadhan, PT Daun Teratai mengadakan Pengobatan Gratis. Bentuk kepedulian terhadap penyakit diabetes ini dapat diikuti oleh umum dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Setelah melakukan pendaftaran dengan mengisi Formulir Permohonan, maka Tim Medical Customer Care akan memberi layanan konsultasi dan petunjuk lebih lanjut tentang penggunaan NUTRIGOLD D.

Telah banyak pasien diabetes yang buktikan keampuhan NUTRIGOLD D dalam menyembuhkan diabetes. Pasien yang disiplin meminum obat sesuai aturan dan menjaga kebiasaan hidup sehat akan mempercepat proses penyembuhan. Maka kunjungilah website www.daunteratai/diabetes.com untuk mendapat informasi lebih lanjut.