Pasien Diabetes Diperbolehkan Puasa, Asalkan Memperhatikan Dua Hal Acuan Dokter

Menjalani puasa dalam keadaan sehat tentu menjadi keinginan setiap muslim. Namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang tidak dapat beribadah secara maksimal saat bulan Ramadan.

Pasien Diabetes Diperbolehkan Puasa, Asalkan Memperhatikan Dua Hal Acuan Dokter
Ilustrasi Pasien Yang Diperbolehkan Berpuasa, Sumber Gambar : Dok. Iradio

Menjalani puasa dalam keadaan sehat tentu menjadi keinginan setiap muslim. Namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang tidak dapat beribadah secara maksimal saat bulan Ramadan. Salah satunya yaitu karena kesehatan tubuh yang sedang tidak baik. Allah memberikan keringanan bagi orang dengan uzur karena penyakit, seperti firman-Nya dalam QS. Al-Baqarah ayat 185:

Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Ketika gula darah tak normal, sebaiknya memeriksakan kondisinya terlebih dahulu. Lakukan konsultasi dengan dokter agar dapat berpuasa dengan lancar. Kadar glukosa yang stabil harus dijaga agar tidak memberi dampak yang lebih buruk bagi tubuh.

Dua Kategori Pasien Diabetes Yang Diperbolehkan Puasa

Terdapat dua kategori yang menjadi acuan dokter memberi izin untuk berpuasa bagi pasien diabetes, yaitu:

  • Pasien yang diperbolehkan puasa dan mengonsumsi obat seperti biasanya. Pasien ini mampu mengontrol gula darah dengan stabil dan kondisi kesehatannya dapat terjaga selama melakukan puasa. Dokter akan memberikan izin selama mengonsumsi obat sesuai dosis pada saat sahur dan buka.
  • Pasien yang diperbolehkan puasa namun harus melakukan penyesuaian obat. Dokter akan memberikan jenis terapi obat khusus bagi pasien diabetes yang memiliki potensi resiko hipoglikemi, yaitu terjadinya penurunan kadar gula darah. Kondisi ini biasa terjadi pada pasien dengan penyakit komplikasi lain, orang lanjut usia dan yang baru pulih dari sakit.

Namun yang perlu diingat juga adalah pasien yang tidak boleh puasa. Orang dengan resiko besar saat melakukan puasa tentu akan dilarang untuk melakukan puasa. Kadar gula darah yang tidak stabil, mempunyai komplikasi yang kompleks, dan ketergantungan insulinnya sangat tinggi menjadi beberapa alasan larangan untuk berpuasa.

NUTRIGOLD D Mampu Kendalikan Gula Darah Saat Puasa

Gula darah normal menjadi salah satu syarat untuk dapat melakukan puasa seperti biasa. Orang dengan diabetes dapat memilih obat herbal yang aman dan berkualitas agar kendali glukosa tetap terjaga. Saat ini telah banyak obat herbal diabetes yang beredar, salah satunya adalah NUTRIGOLD D.

Berdasarkan uji praklinis yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Universitas Gadjah Mada, ramuan herbal yang berasal dari China ini memiliki kualitas yang istimewa. Di dalamnya terdapat beberapa zat yang mampu mengatur gula darah menjadi stabil serta memberi suplai insulin yang cukup bagi tubuh. Zat-zat tersebut adalah germanium, polisakarida, magnesium, zat besi dan alpa lipoic. Hasil uji toksisitas menunjukkan jika NUTRIGOLD D dapat dikonsumsi hingga dosis maksimal 6250,23 mg / kg BB karena tidak memberikan efek toksik dan aman untuk dikonsumsi.

Telah banyak pasien yang berhasil bebas dari keluhan lemah, lesu, kepala pusing, kesemutan, luka luar yang tak kunjung kering dan masih banyak efek lainnya setelah mengonsumsi obat herbal ini. NUTRIGOLD D juga tak hanya efektif sembuhkan diabetes, tetapi juga memiliki jaminan keamanan konsumsi yang diberikan oleh Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) melalui surat izin POM TR063356881.

Kini, PT Daun Teratai memberi layanan Pengobatan Gratis yang diberikan khusus untuk pasien luka diabetes basah yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Melalui ramuan istimewanya, NUTRIGOLD D memberi jaminan pada pasien diabetes untuk menyembuhkan luka akibat diabetes tipe 2 /  basah dengan mengonsumsinya sesuai dosis yang disarankan dan mengubah pola hidup sehari-hari. Kedua hal ini menjadi hal penting agar proses kesembuhan dapat berjalan dengan optimal.

Silakan menghubungi Layanan Customer untuk mendapatkan informasi lengkap dan mengajukan permohonan ikuti Pengobatan Gratis melalui website daunteratai.com/diabetes.