Mengenal Kanker Anus; Jenis, Penyebab, dan Gejalanya

Jenis penyakit yang berbahaya salah satunya adalah kanker anus, yang terjadi pada saluran keluar feses (anus) pada manusia.

Mengenal Kanker Anus; Jenis, Penyebab, dan Gejalanya
sumber : https://awsimages.detik.net.id

Jenis penyakit yang berbahaya salah satunya adalah kanker anus, yang terjadi pada saluran keluar feses (anus) pada manusia. Terjadinya mutasi sel yang tidak normal pada bagian ini menyebabkan anus mengalami disfungsi dan mengalami pertumbuhan sel yang abnormal.

Bayangkan saja, jalur keluarnya feses mengalami pertumbuhan sel yang tidak normal akan menyebabkan infeksi dan sel-sel kanker. Kegiatan BAB akan mengalami gangguan dan ini tentu saja sangat menyiksa. Untuk itu, Anda perlu mengenali penyakit ini lebih lanjut.

Jenis, Penyebab, dan Gejala 

Sebenarnya kanker anus bukan termasuk jenis kanker yang menyebabkan kematian. Jenis kanker ini bisa disembuhkan dan diberi pengobatan jika saja dideteksi lebih awal, serta dapat diobati jika tidak terlalu parah. Kanker anus terbagi menjadi tiga jenis. Yaitu karsinoma sel skuamosa (KSS), adenokarsinoma, dan karsinoma sel basal (KSB). KSS terjadi pada saluran feses, adenokarsinoma terjadi pada kelenjar anus, dan KSB terjadi pada sel permukaan anus. Ada berbagai penyebabnya, di antaranya sering berganti pasangan seks, sering melakukan anal seks hingga pernah mengalami kanker serviks. Karena virus HPV yang menjadi penyebab kanker tersebut bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Penyebab dan Orang-Orang Yang Rentan Terkena Kanker Anus

Kebiasan hidup sehat seperti merokok, minum minuman keras dan alkohol hingga efek samping dari HIV/AIDS juga bisa menjadi penyebabnya. Kanker ini biasanya terjadi pada orang yang berusia lebih dari 50 tahun dan memiliki gaya hidup tidak sehat.

Gejala kanker anus biasanya kurang bisa dideteksi, karena kebanyakan orang menganggap nyeri saat BAB disebabkan oleh ambeien. Namun jika ada tanda-tanda seperti pembengkakan anus untuk waktu lama, keluar cairan nanah, hingga pendarahan, bisa jadi Anda terkena kanker anus.

Pencegahan Kanker Anus Dengan Obat Herbal

Menggunakan obat herbal untuk kanker bisa dijadikan sebagai salah satu metode penyembuhan alami kanker ini. Tak hanya itu, obat herbal juga bisa mencegah kanker lainnya berkembang di tubuh Anda. Berikut ini contohnya:

  1. Tanaman sirsak, mulai daun hingga buahnya. Tanaman ini dikenal sebagai obat kanker alami yang ampuh mencegah kanker.Konsumsi rutin daun atau buah sirsak bisa meminimalisir terjadinya kanker dubur;
  2. Tanaman sarang semut, yang memiliki banyak sekali khasiat alami untuk tubuh. Tanaman berongga asal Papua ini mampu mencegah berbagai macam kanker, kanker dubur sekalipun;
  3. Tanaman tapak dara, yang mengandung senyawa 4V dan baik untuk tubuh. Senyawa tersebut diantaranya vin blacine, vincristine, vindesine, hingga vinorelbine.

Jadi, bagi Anda yang sekarang ini (maaf) sedang menjadi penderita kanker anus, janganlah putus harapan. Tanaman herbal di atas bisa digunakan sebagai salah satu alternative pengobatan. Namun, perlu dicermati Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini, seperti sterilisasi alat yang digunakan, komposisi tanaman herbal, dosis pemakaian, cara peracikan atau peramuan, higienitas lingkungan ketika meracik. Karena alih-alih Anda menghemat yang terjadi malah membuat ramuan yang berisiko.

Mengingat hal tersebut, PT Daun Teratai Pharmeutical Bandung memproduksi Obat Kanker Herbal Daun Teratai, obat ini dibuat secara higienitas karena dibuat dalam skala industry, tentunya sterilisasi, komposisi, dosis diperhitungkan secara matang dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, obat herbal kanker ini telah lolos uji toksik dan efek penghambatannya oleh Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta dan uji praklinis secara invitro di Laboratorium Kultur Jaringan RS Dharmais Jakarta. Hasil uji ini telah diterbitkan dalam Jurnal Biologi Indonesia Vol V, No.1 . Juli 2008