Mari Ketahui Penyebab Kista Dari Gejala Awalnya

Kista dapat terjadi pada semua orang tanpa memandang jenis kelamin ataupun usia. Walau tingkat resikonya tidak bisa disamakan dengan tumor atau kanker, tetapi kista sering menimbulkan reaksi nyeri dan dapat membahayakan organ tubuh lainnya jika kantung itu pecah.

Mari Ketahui Penyebab Kista Dari Gejala Awalnya
Ilustrasi Macam-macam Penyebab Kista, Sumber Gambar: Dok. Alodoktor

Sebuah kantung atau benjolan berisi cairan atau partikel padat halus dapat tumbuh di beberapa bagian tubuh manusia. Kista adalah sebutannya. Kista dapat terjadi pada semua orang tanpa memandang jenis kelamin ataupun usia. Walau tingkat resikonya tidak bisa disamakan dengan tumor atau kanker, tetapi kista sering menimbulkan reaksi nyeri dan dapat membahayakan organ tubuh lainnya jika kantung itu pecah.

Jenis kista yang popular di masyarakat adalah kista ovarium. Namun sebenarnya kista memiliki banyak jenis sesuai dengan letak kantung dan penyebabnya. Beberapa alasan yang menjadi pemicu tumbuhnya kista antara lain:

  • Pertumbuhan sel abnormal, biasa terjadi pada kista ovarium. Gejala yang sering timbul yaitu rasa sakit pada bagian yang terdapat benjolan baik di dalam maupun luar tubuh.
  • Siklus haid. Ovarium tidak dapat bekerja sesuai dengan seharusnya pada saat melepaskan indung telur, sehingga menyebabkan infeksi. Gejala sakit bagian perut, pinggul, paha, dan bokong sering muncul ketika kista muncul pada bagian rahim.
  • Penumpukan cairan pada area tertentu, misalnya bagian payudara, pergelangan kaki atau tangan. Gejala yang biasa hadir yaitu timbul benjolan kecil yang terasa lunak dan kadang juga sedikit padat. Tidak semua memberi efek rasa nyeri atau ngilu, tapi pada beberapa pasien gejala itu bisa saja terjadi.
  • Bagian tubuh yang mengalami luka hingga terjadi peradangan. Kista ini biasanya akan hilang ketika cedera telah sembuh, biasanya terjadi pada bagian sendi lutut. Tanda-tanda yang sering terjadi diantaranya yaitu rasa nyeri dan kaku pada saat menggerakkan lutut atau kaki.
  • Faktor genetik. Kista juga dapat hadir karena faktor keturunan. Contohnya adalah kista brankial yang tumbuh pada bagian leher. Benjolan kecil ini dapat tumbuh pada anak maupun dewasa.
  • Penumpukan partikel halus seperti rambut, kulit, kuku atau tulang. Partikel halus itu akan berkumpul membentuk sebuah benjolan berisi cairan kental dan biasanya menimbulkan bau. Orang yang memiliki kista ini akan menemukan benjolan yang merah dan bengkak serta menimbulkan rasa sakit. Biasanya akan tumbuh pada bagian kepala, leher, bagian sensitive seperti vagina, selangkangan, atau penis.
  • Penyumbatan kelenjar. Sebuah kelenjar dapat tersumbat oleh cairan atau lendir. Misalnya kista yang tumbuh di sekitar kelopak mata (kalazion) dan bagian mulut (mucocele). Selain tumbuhnya benjolan, gejala lain yang timbul adalah rasa nyeri dan perih pada bagian mata atau mulut. Pada kasus kalazion, berpotensi pada gangguan penglihatan.
  • Rambut dan kotoran. Partikel halus yang terbentuk dari dua zat padat itu biasanya akan berkumpul pada area bokong. Kista akan mengeluarkan darah dan nanah sehingga sering menimbulkan bau tak sedap.

Sembuhkan Kista Dengan Ramuan Herbal

Orang yang memiliki kista dapat mengobatinya dengan menggunakan ramuan herbal. Salah satunya adalah Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao.

Racikan herbal dari Cina ini telah terbukti bisa mengobati berbagai jenis kista. Salah satunya adalah kista rahim, seperti yang telah dialami oleh Fitria Wulandari. Dia mengalami keluhan jadwal menstruasi yang tak teratur disertai mual. Sesudah lakukan pemeriksaan ke dokter, ditemukan polip pada rahim bagian kiri.

Setelah mengonsumsi obat Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao secara teratur dalam kurun waktu 3 bulan, polip serta kista dalam rahimnya telah hilang. Siklus haidnya pun kembali normal. Pengobatan menggunakan ramuan herbal memang perlu kesabaran karena membutuhkan waktu untuk memperbaharui bagian tubuh yang sedang sakit. Namun dengan dosis dan waktu minum sesuai petunjuk, perlahan tapi pasti semua keluhan akan hilang.

Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao adalah kapsul herbal alami yang telah memiliki izin dari BPOM dan sertifikat HALAL yang diberikan oleh MUI, sehingga akan aman untuk dikonsumsi. Tak hanya berasal dari bahan alami berkualitas, produk PT Daun Teratai ini diproduksi menggunakan teknologi modern dan melewati uji klinis dari para ahli kesehatan dan kedokteran.