Hindari Penyebab Kanker Paru-paru dengan Diet Sehat

Penyebab utama kanker paru-paru adalah merokok. Orang dengan kebiasaan buruk ini memiliki potensi besar untuk tumbuhnya sel abnormal dalam paru-paru.

Hindari Penyebab Kanker Paru-paru dengan Diet Sehat
Ilustrasi Hindari Penyakit Paru-paru, Sumber Gambar: Dok. Freepik

Penyebab utama kanker paru-paru adalah merokok. Orang dengan kebiasaan buruk ini memiliki potensi besar untuk tumbuhnya sel abnormal dalam paru-paru. Tak hanya bagi perokok aktif, orang yang ada di sekitarnya juga dapat memiliki resiko yang sama. Oleh karena itu menjaga pola hidup sehat dengan menjauhi nikotin akan sangat membantu terhindar dari penyakit ini.

Penyebab Lain Dari Penyakit Kanker Paru-paru

Tak hanya rokok, terdapat pula sebab lain yang menyebabkan kanker paru-paru, yaitu:

  • Gas radon

Radon merupakan zat yang berbentuk gas, tak memiliki warna dan bau. Gas radon banyak ditemukan di lingkungan sekitar, yaitu pada tanah. Sejenis zat radioaktif ini akan semakin bereaksi keras ketika bertemu dengan asap rokok. Memeriksa kondisi tanah agar terbebas dari radon menjadi salah satu solusi agar terbebas dari zat berbahaya ini.

  • Zat kimia

Dalam lingkungan sekitar terdapat benda yang mengandung zat kimia berbahaya, baik yang alami atau buatan. Zat-zat kimia ini memiliki potensi sebagai pemicu munculnya kanker paru-paru.

  • Pencemaran udara

Udara yang mengandung partikel padat ataupun cair dapat masuk dalam saluran pernafasan dan mengendap, sehingga berpotensi menumbuhkan sel abnormal dalam paru-paru.

  • Aspek genetik

Secara fisiologis, kanker paru-paru dapat terjadi dalam garis keturunan.

Jenis Makanan Untuk Kanker Paru-paru

Selain menjaga diri dari zat pemicu kanker, menjaga pola makan juga akan membantu mengurangi resiko terkena dan dapat meminimalisir resiko terkena kanker paru paru.

Makanan yang dapat dimakan untuk mencegah kanker paru-paru antara lain:

  • Buah pir

Pir memiliki zat phloterin yang mengandung antikanker dan dapat mematikan sel kanker (apoptosis).

  • Buah beri

Terdapat banyak ragam buah beri dan semuanya mengandung anthocyanin yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

  • Wortel

Asam klorogenik terdapat dalam wortel. Jenis asam ini mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah yang baru dalam jaringan pemicu kanker.

  • Selada air

Sayur hijau yang satu ini mempunyai zat isothiocyanate yang berfungsi memperlambat pembelahan sel kanker.

  • Jahe

Rempah ini memiliki senyawa 6-shogaol dengan fungsi menghentikan perkembangan sel kanker. Selain itu, rasa hangat yang dihasilkan jahe akan membantu menghilangkan rasa mual yang sering dialami oleh pasien kanker paru-paru.

  • Kunyit

Senyawa curcumin dalam kunyit dapat menjadi antioksidan bagi tubuh.

  • Tiram

Salah satu biota laut ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang mampu meningkatkan efektivitas obat kemoterapi.

  • Teh hijau

Dalam teh hijau terdapat zat heaflavin dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat dijadikan obat untuk kemoterapi.

Terdapat berbagai jenis makanan yang sehat, namun tidak semua dapat dikonsumsi oleh pasien kanker paru-paru. Hindari makanan seperti susu, daging merah dan kecambah. Perhatikan pula cara pengolahannya agar tidak memicu pertumbuhan sel abnormal.

Cara Mencegah dan Obati Kanker Paru-paru Dengan Ramuan Herbal

Bahan pokok yang diambil dari alam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati penyakit kanker. Walau tidak secepat obat kimia, obat herbal tidak akan memberi efek samping tambahan yang merugikan tubuh.

Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao dari PT Daun Teratai terbuat dari tanaman herbal yang berasal dari Cina. Melalui pengolahan teknologi modern, Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao memiliki kualitas yang lebih baik. Kandungan yang terdapat dalam kapsul ini merupakan senyawa Germanium dan Polisakarida yang secara ampuh melakukan empat fungsi utama, yaitu:

  • Mengembalikan kondisi tubuh setelah terkena paparan sinar radiasi dan kemoterapi.
  • Memperbaharui sel yang rusak sebagai akibat tumbuhnya sel abnormal dalam jaringan tubuh.
  • Memperbaiki sistem metabolisme tubuh.
  • Menjaga dan meningkatkan imun tubuh.

Mengkonsumsi Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao dengan teratur sesuai dosis yang dianjurkan diharapkan dapat mengembalikan fungsi paru-paru seperti sedia kala.