Cenderung Lebih Banyak Dialami Perempuan, Mari Kenali Macam-macam Kista Sejak Dini

Secara umum kista tak berbahaya, tapi ketika tidak ditangani dengan segera bisa menimbulkan resiko yang lebih besar lagi. Kista dapat dibedakan menjadi beberapa macam sesuai dengan letak tumbuhnya benjolan. yakni:

Cenderung Lebih Banyak Dialami Perempuan, Mari Kenali Macam-macam Kista Sejak Dini
Ilustrasi Macam-macam Penyakit Kista, Sumber Gambar: Dok. Kumparan

Kista merupakan suatu kelainan yang tumbuh pada bagian tubuh yang sering ditemukan di masyarakat. Kelainan ini berupa benjolan berisi cairan, udara atau partikel kecil berbentuk padat, bisa muncul pada tubuh bagian luar dan dalam, inilah yang disebut kista. Secara umum kista tak berbahaya, tapi ketika tidak ditangani dengan segera bisa menimbulkan resiko yang lebih besar lagi.

Kista dapat dibedakan menjadi beberapa macam sesuai dengan letak tumbuhnya benjolan. yakni:

  1. Kista epidermoid

Tonjolan berwarna cokelat seperti warna kulit atau sedikit kekuningan bisa tumbuh pada jaringan bawah kulit sekitar muka, alat vital, punggung, dan leher. Walau termasuk kista yang jinak, ketika terjadi infeksi dapat memberi reaksi bengkak, warna berubah jadi merah dan menyebabkan sakit.

  1. Kista pilonidal

Penyebabnya yaitu pengaruh sistem hormonal. Kista pilonidal tumbuh pada bagian bokong. Tonjolan ini akan terinfeksi dan menyebabkan rasa sakit, terutama ketika sedang berdiri terlalu lama atau duduk. Ketika keadaan memburuk, warna kista akan lebih merah, mengeluarkan nanah bau, bengkak dan ada tonjolan rambut pada bagian lesi.

  1. Kista ganglion

Tonjolan abnormal tumbuh pada bagian tendon atau sendi. Biasanya akan menyerang tangan, kaki, pergelangan tangan serta kaki. Tonjolan ini isinya berupa zat cair yang bisa menimbulkan reaksi ngilu, kaku, dan sakit. Walau sulit untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya, kista ganglion diperkirakan tumbuh karena pernah mengalami luka yang diakibatkan kerja otot yang terlalu berat.

  1. Kista baker

Bagian lutut juga menjadi tempat tumbuhnya kista. Penyebabnya yaitu luka tulang rawan sehingga terjadi radang sendi di lutut. Walau kerap menimbulkan sakit, kaku, dan bengkak, kista baker akan hilang tanpa harus melakukan perawatan khusus.

  1. Kista dermoid

Jendulan ini isinya berupa partikel padat dan tumbuh pada bagian permukaan kulit, hidung, bagian perut, tulang bagian belakang serta otak. Kista baker berkembang pada bayi yang dibawa sejak berada dalam kandungan.

  1. Kista payudara

Bagian payudara rentan terhadap tumbuhnya kista ini. Pembengkakan berisi zat cair akan tumbuh membesar pada saat haid lalu akan mengempes sendiri. Pada kondisi tertentu, benjolan akan mengakibatkan sakit sehingga harus ditangani langsung oleh dokter khusus.

  1. Kista ginjal

Kista pada ginjal berpotensi jadi akut jika sudah mengalami infeksi. Tanda-tanda yang biasa timbul yaitu demam, badan terasa nyeri, intensitas buang air bertambah banyak, jika sudah akut akan mendapatkan bercak darah pada urine.

  1. Kista ovarium

Pada bagian ovarium dapat muncul kantung berisi cairan. Tanda awal dari kista ovarium yaitu sakit bagian pinggul, perut disertai mual, dan demam. Ada dua macam kista ovarium, yaitu kista fungsional yang biasa timbul ketika menjelang datang bulan dan kista patologis yang tumbuh karena ada perkembangan sel tak normal. Jika keadaan bertambah parah, kista ovarium ini berpotensi pada infertilitas, sehingga harus ditangani segera.

  1. Kista Bartholin

Bagian sisi vagina juga bisa berpotensi sebagai tempat tumbuhnya kista, yaitu pada bagian kelenjar Bartholin. Bakteri gonere dan klamidia dapat menyebabkan terjadi penghambatan dalam kelenjar bartholin sehingga muncul kumpulan cairan.

Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao Dapat Mengobati Sakit Kista

Kista dapat disembuhkan dengan menggunakan obat herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao. Ramuan khas yang mengandung bahan alami yang telah diracik dan diproduksi menggunakan teknologi modern. Germanium dan Polisakarida yang terdapat di dalam kapsul herbal ini mampu mengempeskan kista serta mengembalikan fungsi sel yang rusak.

Obat Herbal Terstandar (OHT) yang diproduksi oleh PT Daun Teratai ini tidak akan menimbulkan dampak negatif karena terbuat dari bahan-bahan organik yang komplek. Tak hanya menyembuhkan kista, kapsul Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao juga dapat menjaga daya imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti kanker, miom atau tumor yang biasa hadir jika benjolan abnormal tersebut tidak segera ditangani.