Cari Tahu Tanda-Tanda Kista Mulai Muncul

Jangan pernah sepelekan gejala kista. Jika kista terlihat secara fisik, biasanya akan timbul benjolan kecil yang akan membesar.

Cari Tahu Tanda-Tanda Kista Mulai Muncul
Ilustrasi Tanda-tanda Penyakit Kista, Sumber Gambar: Dok. lifepack

Jangan pernah sepelekan gejala kista. Jika kista terlihat secara fisik, biasanya akan timbul benjolan kecil yang akan membesar. Sebaiknya waspadai gejala awal ini, karena bisa jadi Anda mengidap kista. Walau tak berbahaya, kista dapat menimbulkan komplikasi ketika pecah dan membahayakan organ tubuh lainnya.

Selain menimbulkan gejala secara fisik, kista juga menunjukkan gejala yang hanya bisa dirasakan. Hal ini disebabkan karena kista tumbuh di bagian organ dalam sehingga membutuhkan pemeriksaan lebih intensif oleh dokter. Melalui cek laboratorium, kondisi kista akan diketahui dengan pasti dan akhirnya dapat ditentukan cara pengobatan yang tepat.

Tanda-tanda hadirnya kista dalam tubuh

  • Pada area kista yang tampak dari luar akan timbul warna merah. Walau tak merasa gatal, namun kulit memerah ini bisa membesar sesuai ukuran kista.
  • Timbul rasa sakit di sekeliling kista. Misalnya rasa nyeri akan muncul di sekitar payudara ketika ada kantung yang isinya cairan di sekitarnya.
  • Dalam beberapa kondisi, akan timbul nanah dan darah dari kantung yang terinfeksi.
  • Di bagian yang ada kista akan terasa pegal, tegang atau kebas. Misalnya ketika terdapat kista ganglion di pergelangan tangan, maka area tersebut sering pegal-pegal.
  • Terdapat gejala mual dan muntah.
  • Kadang disertai demam dan pusing.

Pada pasien kista ovarium atau rahim terdapat gejala yang lebih spesifk lagi, yaitu:

  • Bagian perut sering sakit atau kram.
  • Sakit ketika melakukan hubungan seksual.
  • Terjadi pendarahan yang tidak wajar.
  • Mengalami rasa sakit ketika masa haid.
  • Adanya gangguan siklus haid. Siklus haid menjadi tidak teratur setiap bulannya.
  • Sekitar vagina akan memerah dan terasa sakit.
  • Sulit hamil.

Pada umumnya kista tidak menunjukkan tanda-tanda dengan segera. Butuh waktu beberapa lama hingga akhirnya dapat diketahui ada kista di tubuhnya. Terutama untuk kista yang ada di dalam tubuh, dibutuhkan pengecekan dengan menggunakan alat medis yang tepat.

Pengobatan Kista

Kista bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi agar proses penyembuhan cepat biasanya dokter akan memberikan terapi yang sesuai dengan jenis dan letak kista. Walau terbilang jinak, untuk beberapa kondisi kista berpotensi menjadi kanker. Selain itu, resiko kista pecah dapat memberi efek samping yang negatif terhadap organ tubuh yang ada di dekatnya.

Pengobatan kista dapat dilakukan secara medis maupun tradisional. Untuk keadaan tertentu langkah operasi harus dilakukan jika kista sudah membesar. Selain itu, kista juga dapat bocor atau pecah. Cairan yang berada di dalamnya dapat menempel ke jaringan di dekatnya dan ini akan sangat berbahaya.

Pengobatan kista juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat herbal terpercaya. Pasien dengan kista dapat meminum Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao. Ramuan herbal yang telah dipercaya sejak tahun 1986 dan telah banyak yang membuktikan keampuhannya mengobati berbagai jenis penyakit.

Salah satu testimoni yang telah merasakan khasiat Obat Herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao yang menderita kista rahim adalah Ibu Lanny (55 tahun). Beliau sudah divonis dokter dengan kista akut dan harus menjalani operasi karena kantung yang ada dalam rahimnya semakin membesar. Namun dengan meminum kapsul Daun Teratai secara teratur selama beberapa bulan akhirnya bisa sembuh secara bertahap.

Gejala haid tidak teratur dan pendarahan yang hebat mulai berhenti. Bahkan ketika memeriksakan kembali ke dokter, ternyata kista di rahimnya tersebut telah hilang. Usaha kesabarannya dalam mengupayakan kesembuhan dengan mengkonsumsi obat herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao akhirnya dapat memberikan kebahagiaan dan rasa syukur.

Obat yang telah mendapat izin edar dari BPOM dan HALAL dari MUI ini ternyata memang benar-benar terbukti memiliki khasiat luar biasa untuk mengobati segala macam kista, bukan hanya kista rahim atau ovarium saja.