Bingung? Yuk Kenali Lebih Jauh Soal Obat Herbal Terstandar (OHT)

Obat Herbal Terstandar (OHT) telah banyak berperan dalam dunia medis. Komposisinya yang berasal dari bahan alami dipercaya oleh masyarakat Indonesia dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Bingung? Yuk Kenali Lebih Jauh Soal Obat Herbal Terstandar (OHT)
Ilustrasi Obat Herbal Terstandar, Sumber Gambar: Dok. Farmasi UGM

Obat Herbal Terstandar (OHT) telah banyak berperan dalam dunia medis. Komposisinya yang berasal dari bahan alami dipercaya oleh masyarakat Indonesia dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan obat herbal ini mudah sekali ditemukan di pasaran dengan jenis dan harga yang beragam.

Proses Standar Penerapan Label OHT

Tak semua obat herbal dapat masuk kategori OHT. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya yaitu:

  • Semua bahan baku telah melewati tahap standarisasi untuk menjaga kualitas dari manfaat alaminya.
  • Khasiat obat herbal tersebut telah teruji secara pra klinis yaitu melakukan uji coba laboratorium terhadap hewan.
  • Obat herbal harus aman digunakan.
  • Semua persayaratan penjaminan mutu telah terpenuhi dengan maksimal.

Melihat dari syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah, maka Obat Herbal Terstandar sudah dapat dipastikan memiliki mutu yang terjamin sehingga mendapat izin untuk peredarannya.

Legalisasi Tanda Obat Herbal Terstandar (OHT)

Untuk membedakan OHT dengan obat tradisional lainnya, pemerintah telah memberikan lisensi logo pada perusahaan farmasi yang memproduksinya. Pemberian logo ini menjadi sebuah tanda bahwa OHT yang beredar mendapat perlindungan dan pengakuan dari pemerintah yang merujuk pada Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 32 Tahun 2019 tentang persyaratan keamanan dan mutu obat tradisional.

Perbedaan Logo Untuk Setiap Obat Tradisional, Sumber Gambar: Dok. Krakataumedika

Spesifikasi label OHT yang harus dicermati yaitu terdapat gambar tiga buah tulang daun yang terdapat di tengah lingkaran. Gambar tulang daun dan lingkaran itu berwarna hijau, sementara dasarnya berwarna putih atau warna berbeda yang disesuaikan. Di bawah gambar lingkaran tersebut terdapat teks “OBAT HERBAL TERSTANDAR” dengan tinta warna hitam.  Semua merk OHT wajib mencantumkan logo pada bagian kiri atas kemasan ataupun brosurnya.

 

Obat Herbal Terstandar (OHT) Daun Teratai

Masyarakat Cina telah lama menggunakan ramuan herbal sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ramuan istimewa tersebut telah menjadi warisan yang dijaga dan dikembangkan oleh para generasi penerus. Salah satunya adalah keluarga Yopi Mesa Yudi.

Atas dasar pengalaman sendiri, akhirnya pada tahun 1986 keluarga Yopi mendirikan sebuah pabrik obat herbal yang diberi nama PT Daun Teratai. Pabrik yang berada di daerah Bandung ini memproduksi Obat Herbal Daun Teratai dengan tetap menggunakan formula rahasia keluarga.

PT Daun Teratai bersungguh-sungguh dalam memproduksi obat herbal andalannya. Oleh karena itu uji praklinis pun ditempuh dengan melakukan kerjasama dengan para ilmuwan dari Rumah Sakit Kanker Darmais dan Universitas Gajah Mada. Selain itu, produk Daun Teratai juga telah mendapat izin edar dari BPOM dan juga telah mendapatkan sertifikat HALAL dari MUI

Terbukti Obat Herbal Daun Teratai Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan maupun berat. Bahkan sekelas tumor, kanker, diabetes serta jenis penyakit kronis lainnya dapat ditolong dengan menggunakan Obat Herbal Terstandar (OHT) produksi Daun Teratai.

Khasiat Obat Herbal Terstandar (OHT) produksi Daun Teratai pun telah membantu banyak orang untuk menjaga stamina dan membantu proses pemulihan. Bahan alami yang terkandung di dalamnya dapat diterima oleh tubuh sehingga aman dan bereaksi maksimal jika dikonsumsi dengan teratur.

Setelah mengenal proses legalitas Obat Herbal Terstandar (OHT) diharapkan masyarakat dapat lebih bijak memilih produk yang beredar di pasaran. Tak hanya mempertimbangkan khasiat dan harga yang terjangkau, tetapi juga memperhatikan tentang kualitas dan perizinannya. Memilih produk yang memiliki izin berarti ikut mendukung kemajuan dunia medis yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat pada umumnya.