Begini, Perbedaan Obat Generik Dan Obat Herbal Terstandar (OHT)

Sebutan obat generik sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Obat generik memang sangat mudah ditemui dan diperjualbelikan dengan bebas.

Begini, Perbedaan Obat Generik Dan Obat Herbal Terstandar (OHT)
Ilustrasi Berbagai Macam Obat, Sumber Gambar: Dok. Klikdokter

Sebutan obat generik sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Obat generik memang sangat mudah ditemui dan diperjualbelikan dengan bebas. Selain murah, obat generik mampu menyembuhkan ragam keluhan tanpa harus lakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu.

Apa saja yang membedakan obat generik dengan obat paten?

Terdapat satu jenis obat lainnya yang familier di masyarakat yaitu obat paten. Kandungan dan tingkat keampuhan yang dimiliki obat paten dan generik kedua obat ini sepadan. Walau demikian, terdapat beberapa hal pembeda, yaitu:

  • Obat generik yaitu produk medis yang masa izinnya sudah kedaluwarsa, maka beberapa industri farmasi mempunyai kesempatan untuk membuatnya. Perusahaan tidak dikenakan kewajiban mengganti biaya imbalan obat yang diproduksi. Ini menyebabkan nilai jualnya menjadi lebih ekonomis.
  • Perusahaan obat yang telah mempunyai izin hak paten dapat mengelola pembuatan obat paten. Pemberian imbalan perizinan ini tentu akan memakan biaya ekstra mulai dari riset dan penelitian. Biaya tambahan ini yang menjadi penyebab harga jual obat paten lebih tinggi dibanding obat generik.
  • Obat generik bisa diperoleh bebas. Hal ini berbeda dengan obat paten yang harus menggunakan resep dokter.
  • Ketika masa perizinan sudah selesai, maka perusahaan farmasi tidak boleh memproduksinya kembali, melainkan akan dilimpahkan pada produsen lain dengan jenis obat generik.

Contoh Obat Generik

Dalam peredarannya, terdapat jenis-jenis obat generik yang populer di masyarakat, diantaranya:

  • Parasetamol. Obat ini dapat meredakan demam dan meredakan nyeri, terutama pada saat sakit gigi, kepala, punggung, nyeri setelah disuntik atau sakit perut saat haid.
  • Asam mefenamat atau asam asetil salisilat. Khasiat obat ini hampir sama dengan parasetamol, yaitu meredakan demam dan membantu mengurangi rasa nyeri terutama pada bagian otot dan sendi.
  • Alumunium hidroksida. Bagi orang yang memiliki keluhan pada bagian lambung, obat ini bisa mengurangi nyeri serta menstabilkan asam lambung.
  • Attapulgite. Obat ini biasa digunakan pada penderita diare. Zat yang terdapat di dalamnya mampu menghancurkan bakteri penyebab diare. Di samping itu attapulgite dapat pula membantu mengurangi keram perut, membuat tinja berubah lebih padat dan mengurangi kecepatan gerakan usus.
  • Dextromethorpan. Obat ini biasanya akan ditemukan dalam bentuk sirup, tablet hingga permen pelega tenggorokan. Kompoisisi dalam dextromethorphan dapat mengurangi gejala batuk kering yang biasanya disebabkan oleh infeksi.

Persamaan Obat Generik dan Obat Herbal Terstandar (OHT)

Kehadiran obat generik benar-benar menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Selain harga yang terjangkau dan mudah ditemukan, keanekaragaman merk obat generik juga membuat masyarakat mudah memilih sesuai reaksi yang pas dengan tubuhnya.

Saat ini keberadaan Obat Herbal Terstandar (OHT) pun bisa menjadi solusi lain bagi dunia medis. Selain khasiatnya yang tak kalah efektif menyembuhkan berbagai penyakit, bahan dasar alami dari OHT ini tentu menjadi sebuah keunggulan. Komposisi pada rempah dan ramuan alami yang terkandung pada OHT dipercaya tidak menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.

Rempah dan racikan alam lainnya yang diproduksi dengan benar akan mempunyai fungsi yang tak kalah baik dengan obat generik. Produk PT Daun Teratai adalah salah satunya dan telah teruji mempunyai manfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Pengolahannya pun dengan menggunakan peralatan modern dapat menghasilkan produk herbal yang berkualitas baik.

Tak hanya itu, Obat Herbal Daun Teratai (Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao) telah memiliki izin edar dari BPOM dan juga sertifikat HALAL dari MUI sehingga dapat disejajarkan dengan obat generik secara fungsi dalam menjaga, meringankan gejala bahkan menyembuhkan berbagai penyakit.

Di sisi lain sebenarnya banyak bukti keampuhan obat kapsul Daun Teratai yang tercatat. Salah satu manfaatnya ialah pada saat menangani proses penyembuhan Covid-19. Dengan konsisten mengkonsumsi kapsul Daun Teratai ini, beberapa hari kemudian pasien dinyatakan sembuh. Kandungan zat Polisakarida dan Germanium yang bersifat adaptogen, nyatanya dapat memperkuat sistem imun tubuh. Sehingga para pakar pun menyarankan agar menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi OHT dan  generik sesuai kebutuhan.