Batuk Tak Kunjung Sembuh? Hati-hati, Bisa Jadi Itu Gejala Kanker Paru-paru

Batuk mudah sekali menyerang setiap orang. Gejala ini biasa datang bersamaan dengan flu sehingga sering dianggap penyakit biasa. Namun jika batuk tak kunjung sembuh dan bahkan semakin parah, bisa jadi ini adalah gejala kanker paru-paru.

Batuk Tak Kunjung Sembuh? Hati-hati, Bisa Jadi Itu Gejala Kanker Paru-paru
Ilustrasi Kanker Paru-paru, Sumber Gambar: Dok. Freepik

Batuk mudah sekali menyerang setiap orang. Gejala ini biasa datang bersamaan dengan flu sehingga sering dianggap penyakit biasa. Namun jika batuk tak kunjung sembuh dan bahkan semakin parah, bisa jadi ini adalah gejala kanker paru-paru.

Banyak penyakit yang disertai gejala batuk, misalnya TBC, ISPA, bronchitis, dan pneumonia. Untuk memastikan jenis batuk, tentu saja harus memeriksakan diri ke dokter. Gejala yang dianggap biasa ini sering membuat orang kecolongan dan ketika mendapatkan hasil cek laboratorium ternyata kanker paru-paru sudah memasuki stadium lanjutan.

Gejala Awal Kanker Paru-paru dan Cara Menghindarinya

Jangan pernah menyepelekan gejala ringan yang ditunjukkan oleh tubuh, Tanda-tanda penyakit yang dirasakan dalam jangka waktu lama dan semakin memburuk bisa menjadi salah satu indikator jika tubuh memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk penyakit kanker paru-paru terdapat beberapa gejala awal yang dirasakan pasien.

  • Batuk yang bertambah parah

Batuk biasa memiliki waktu 2 pekan untuk sembuh. Jika sudah melewati waktu itu atau batuk semakin kerap dan menyebabkan gejala tambahan lain, maka harus segera cek ke dokter agar dapat dipastikan jenis batuk yang diderita.

  • Mengeluarkan darah saat batuk

Darah biasa terjadi karena adanya infeksi akut dalam alat pernafasan. Batuk yang bertambah parah akan menyebabkan luka dan mengeluarkan darah dan disertai dahak yang tak seperti biasanya.

  • Nafas terasa sesak

Tumbuhnya sel tumor dalam paru-paru menyebabkan saluran pernafasan menjadi terhambat. Udara yang keluar dan masuk tidak dapat berputar dengan lancar sehingga nafas akan terasa berat dan tersengal-sengal.

  • Sakit dada dan tulang

Pembengkakan kelenjar getah bening akan mempengaruhi tulang rusuk, sehingga menimbulkan rasa sakit pada bagian dada. Tak hanya dada, tulang sekitar punggung, bahu, lengan atau kaki juga kerap dirasakan pasien. Setiap orang akan mengalami sakit dada yang berbeda. Ada yang berpusat pada satu bagian, berpindah-pindah, serta durasi sakit yang lama atau datang dan pergi.

  • Perubahan suara

Ketika suara menjadi lebih berat atau serang, bisa saja itu gejala kanker paru-paru. Keberadaan sel tumor mempengaruhi sistem saraf dalam laring sehingga terjadi perubahan suara yang sangat signifikan.

  • Berat badan menurun

Sel abnormal dalam paru-paru akan terus menggerogoti tubuh. Mengambil energi dari berbagai sumber sehingga tubuh akan kehilangan bobotnya dengan drastis.

Gejala awal yang dialami setiap orang tentu berbeda. Semua akan dikembalikan pada kondisi awal tubuh. Walau sering menyerang perokok aktif, orang yang sering menghisap asap rokok atau yang biasa disebut perokok pasif pun miliki potensi terkena kanker paru-paru. Maka cara yang paling ampuh untuk menghindari penyakit ini yaitu dengan tidak merokok dan menghindari lingkungan yang sudah terpapar asapnya serta polusi udara lainnya. Mengubah pola makan, minum dan istirahat pun menjadi poin yang harus diingat untuk dapat menjaga kesehatan tubuh.

Terbebas Sakit Kanker Paru-paru dengan Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao

Seorang pasien dengan penyakit kanker paru-paru stadium 4 berhasil sembuh setelah mengkonsumsi Obat Herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao produksi PT Daun Teratai. Beliau adalah Bapak R. Nugroho Prapto Wibowo, SE yang telah divonis dokter mengidap penyakit kanker paru paru yang mematikan. Kondisinya semakin lemah dan tak mengalami perkembangan walau telah diobati dengan menggunakan resep dokter.

Keputusannya menggunakan Obat Herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao didorong oleh keinginannya mempertahankan hidup. Saran seorang teman menjadi masukan untuk memilih racikan tradisional dari China ini yang diproduksi oleh PT Daun Teratai. Hasil pemeriksaan laboratorium dan dokter menyatakan jika paru-parunya telah bersih dari sel kanker. Semua gejala yang menyiksanya seperti sesak, dada terasa panas serta keluar cairan yang berlebih telah hilang total dari tubuhnya.