Ayo Atur Menu Sahur untuk Pasien Diabetes

Menjaga jenis makanan dan minuman saat berpuasa harus ekstra dilakukan oleh pasien diabetes. Kadar gula darah dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi.

Ayo Atur Menu Sahur untuk Pasien Diabetes
Ilustrasi Menu Sehat Untuk Sahur Pasien Diabetes, Sumber Gambar: Dok. Detik

Menjaga jenis makanan dan minuman saat berpuasa harus ekstra dilakukan oleh pasien diabetes. Kadar gula darah dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi. Mengatur waktu dan menu saat sahur dan buka akan dapat membantu kelancaran ibadah puasa.

Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Diabetes

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih menu saat sahur, diantaranya:

  • Menghindari makanan yang mengandung lemak jahat karena dapat menyebabkan tubuh tidak sensitif lagi terhadap insulin yang diproduksi.
  • Membatasi makanan yang asin karena berdampak pada tekanan darah sehingga berpotensi untuk menyebabkan komplikasi terhadap jantung, stroke atau gangguan ginjal.
  • Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena akan mengakibatkan kadar glukosa naik dengan drastis.
  • Hindari makanan yang digoreng. Penggunaan minyak dapat mengakibatkan kolesterol naik dan memberi efek buruk terhadap metabolisme tubuh, termasuk kinerja pankreas.

Jenis Menu Sehat Untuk Pasien Diabetes

Ketika akan menjalani puasa, pasien diabetes harus benar-benar memastikan asupan makanan atau minuman saat sahur ataupun buka. Beberapa jenis makanan saat sahur yang dapat menjaga gula darah tetap stabil diantaranya, yaitu:

  • Sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam, sawi, dan kol. Sayuran hijau memiliki antioksidan yang dapat menjaga gula darah tetap seimbang.
  • Ikan yang mengandung omega tiga seperti salmon, tuna, dan sarden. Omega 3 dapat mengendalikan kadar glukosa, tetapi cara pengolahannya tidak boleh digoreng agar terhindar dari lemak jahat.
  • Mengganti nasi putih dengan beras merah, biji-bijian seperti gandum atau oat. Biji-bijian memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat memperlambat proses penyerapan energi dan menjaga glukosa dalam tubuh.
  • Variasikan menu dengan mengonsumsi daging yang lemaknya rendah hingga sedang agar terhindar dari kolesterol. Seperti yang telah diketahui, kolesterol akan menghambat kerja sistem organ tubuh dan mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh secara alami.
  • Penderita diabetes bisa mengonsumsi buah-buahan seperti berbagai jenis beri, jeruk, anggur, atau lemon. Pilihlah buah yang tidak terlalu manis sehingga gula dalam darah tetap seimbang.

Selain memilih jenis makanan yang tepat, waktu sahur pun harus diatur agar glukosa tetap stabil. Pilihlah waktu mendekati imsak agar simpanan energi dari makanan yang masuk dapat mencukupi kebutuhan energi selama berpuasa di siang hari. Selalu mengatur jumlah kalori setiap makanan juga dapat membantu kelancaran berpuasa.

Dampingi menu sahur dengan minum obat herbal

Asupan nutrisi yang telah disiapkan tak akan cukup untuk mengendalikan gula darah selama berpuasa. Pasien dengan diabetes dapat tetap mengonsumsi obat pengendali glukosa dengan mengatur waktu minumnya, yaitu saat sahur dan buka. Obat yang digunakan dapat berasal dari ramuan alami agar dapat diserap oleh tubuh tanpa memberikan efek samping.

NUTRIGOLD D yang berasal dari herbal alami hadir untuk menjadi solusi mengendalikan glukosa. Melalui teknologi yang canggih, kandungan alami yang terdapat dalam setiap komposisinya mampu mengendalikan gula darah. Hal ini telah dibuktikan dalam uji toksisitas dan mendapat izin dari BPOM serta pengakuan produk HALAL dari Majelis Ulama Indonesia.

PT Daun Teratai dengan produknya pun banyak menuai testimoni positif mengenai khasiatnya melawan diabetes, yakni terbukti ampuh mengendalikan gula darahnya hingga sembuh secara bertahap.

Mengonsumsi NUTRIGOLD D dengan teratur pada saat sahur dan buka mampu memenuhi kebutuhan insulin dan mengendalikan gula darah selama beribadah puasa selama 30 hari. Mari ikuti Program Sosial ini agar pasien diabetes dapat sehat kembali.