Kaum Wanita Harus Tahu! Tanda, Gejala, dan Pengobatan Miom

Bagi para wanita selain memikirkan urusan pekerjaan baik dirumah atau di luar biasanya sering cuek dengan kesehatan tubuhnya khususnya ibu rumah tangga.

Kaum Wanita Harus Tahu! Tanda, Gejala, dan Pengobatan Miom
sumber : https://klubwanita.com/

Bagi para wanita selain memikirkan urusan pekerjaan baik dirumah atau di luar biasanya sering cuek dengan kesehatan tubuhnya khususnya ibu rumah tangga, sehingga lupa untuk mengontrol kesehatannya. Maka dari itu, sobat sehat sudah tahu miom seperti apa dan bagaimana pengobatan miom? Sebagai makhluk yang cerdas, khususnya untuk para wanita nih harus serba serbi tahu tentang kesehatan apalagi menyangkut reproduksi. Setiap manusia dapat diserang berbagai penyakit, tergantung dari lingkungan dan kondisi tubuh masing-masing. Perlu kita ingat kembali, serangan penyakit tidak mengenal laki-laki maupun perempuan. Semua bisa diserang penyakit. Namun, beberapa penyakit hanya bisa menyerang kaum perempuan. Salah satunya adalah adalah penyakit miom.

Sebagian perempuan pernah mengalami penyakit miom, Namun, terkadang mereka tak menyadarinya. Penyakit miom adalah pertumbuhan sel tumor yang ada di dalam atau di sekitar uterus (rahim). Penyakit miom bukanlah kanker atau tumor ganas. Penyakit miom terjadi karena sel otot pada rahim tumbuh perlahan secara abnormal. Menurut ilmuwan, penyakit miom bisa disebut juga dengan fibroid, leiomyoma, leiomioomata, atau fibromioma yaitu tumor yang terbentuk di dalam rahim perempuan. Penyakit ini bisa muncul tumor secara bergerombol atau muncul dengan bentuk kecil. Ukurannya berkisar pada 1 mm hingga 20 cm. Terdapat empat jenis penyakit miom, yaitu: Pedunculated, Submukosa, Intramural, dan Subserosa.

Gejala Miom

Gejala mioma uteri dapat berbeda-beda. Ada wanita yang tidak merasakan gejala sama sekali, ada pula yang mengalami nyeri dan perdarahan hebat. Gejala lain yang bisa menyertai adalah:

  • Memanjangnya periode haid (> 7 hari).
  • Sering buang air kecil.
  • Buang air kecil yang tidak lancar.
  • Konstipasi.

Pengobatan Miom

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang mengidap penyakit miom atau tidak. Beberapa caranya seperti menjalani USG, melalui tes laboratorium dan tes pencitraan. Cara mengobati penyakit miom ini sebagai berikut:

1. Dengan obat-obatan Nah, di sini sobat sehat kita punya recommended buat sobat sehat yang sedang mengalami atau bingung memikirkan obat apa yang bagus untuk menyembuhkan penyakit miom ini. Salah satu Obat Herbal Terstandar miom atau dalam bidang farmasi disingkat OHT dalam artian obat herbal ini sudah terdaftar di Depkes RI, BPOM RI, serta telah lulus uji praklinis adalah Obat Miom Herbal Daun Teratai atau Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao.

2. Operasi dan non-operasi Operasi dilakukan jika penyakit miom sudah parah. Ada dua operasi untuk pengangkatan miom yaitu histerektomi dengan pengangkatan seluruh rahim dan miomektomi dengan pengangkatan miom yang letaknya di dalam. Untuk cara non-operasi, yaitu dengan cara mengirim gelombang ultrasound untuk menghilangkan penyakit miom tanpa merusak jaringan atau sayatan seperti operasi. Gelombang ultrasound ini adalah MR guided Focused Ultrasound (MRgFUS).

3. Pengobatan di rumah Cara mengobati penyakit miom yang bisa dilakukan di rumah yaitu seperti mempertahankan berat badan yang sehat dengan menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat. Jika memiliki berat badan berlebih, lakukan diet sehat dan tepat. Maka dari itu, mari kita selalu menjaga kesehatan. Demikian penjelasan tentang penyakit miom beserta gejalanya, penyebab dan cara mengobati penyakit miom melalui medis atau di rumah.

Penyakit miom kerap kali tidak menunjukkan gejala yang spesifik. Nah, bagi Anda yang merasakan gejala-gejala miom, dapat mengonsultasikan secara gratis ke nomor telp/WA berikut: +6281321345988