Gejala, Penyebab, Jenis, dan Cara Mencegah Kanker Tulang

Gejala, Penyebab, Jenis, dan Cara Mencegah Kanker Tulang

Gejala, Penyebab, Jenis, dan Cara Mencegah Kanker Tulang
sumber : https://www.verywellhealth.com

Kanker tulang adalah salah satu jenis kanker yang cukup jarang ditemui dan sifatnya lebih jinak dibandingkan kanker jenis lainnya. Walaupun demikian sobat sehat harus tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan tubuh.

Penyakit  ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya bagian yang diserang kanker ini adalah tulang panggul, lengan dan tungkai. Apa saja penyebab dan gejalanya? Obat herbal apa yang bisa mencegahnya? Yang bisa mencegah dan mengobati kanker ini juga akan di bahas di sini.

Gejala dan Penyebab 

Gejala kanker tulang diawali dengan rasa nyeri pada tulang, rasa nyeri ini kadang datang dan pergi seiring sel kanker yang tumbuh. Sel kanker yang semakin parah akan memperburuk rasa nyeri. Biasanya rasa nyeri ini datang ketika Anda menggerakkan tulang yang terkena kanker.

Sel kanker yang tumbuh secara abnormal pada tulang akan menyebabkanbengkak, ini merupakan gejala kanker semakin parah. Kanker ini juga bisa menyebabkan kerapuhan tulang sehingga penderita kanker ini akan mudah cidera. Gejala lainnya dari kanker ini adalah tubuh menjadi cepat lelah dan sering merasakan kebas atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu.

Jenis-Jenis 

Ada empat  jenis kanker tulang, yaitu chondrosarcoma, osteosarcoma, chordoma, dan sarkoma ewing. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Chondrosarcoma Jenis kanker ini menyerang tulang rawan seperti tulang rusuk, bahu, panggul, paha, dan lengan atas. Kanker jenis ini lebih sering menyerang wanita yang berusia lebih dari 40 tahun.
  2. Osteosarcoma Osteosarcoma adalah kanker yang sangat umum dijumpai dan biasanya berkembang di panggul, tungkai, dan lengan. Resiko terbesar orang yang terkena kanker ini adalah orang berusia 10 sampai 30 tahun.
  3. Chordoma Ini merupakan kanker yang muncul di tulang tengkorak bagian dasar dan tulang belakang. Sel kanker di tulang ini tumbuh secara perlahan dan lebih sering terjadi pada pria yang berusia lebih dari 30 tahun.
  4. Sarkoma Ewing Kanker jenis ini umumnya terjadi dan berkembang pada paha, tulang kering, dan tulang panggul. Anak usia 10 sampai 20 tahun lebih rentan terkena kanker jenis ini.

Obat Herbal Untuk Mencegah dan Mengobati Kanker Tulang

Pencegahan kanker ini bisa dilakukan sejak dini dengan cara terkena sinar matahari. Vitamin D dari matahari sangat bagus untuk mencegah tumbuhnya sel kanker pada tulang. Mencegah dan mengobati kanker bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal. Berikut ini adalah obat herbal yang bisa mencegah dan mengobati kanker pada tulang.

  1. Teh Hijau Konsumsi teh hijau dan lidah buaya juga bisa menjadi salah satu herbal yang bisa mencegah sekaligus mengobati kanker. Kandungan antioksidan dalam teh hijau efektif membunuh sel kanker dan mencegahnya untuk berkembang.
  2. Lidah Buaya Lidah buaya biasanya digunakan untuk merawat kulit dan rambut, sebenarnya di dalam lidah buaya juga mengandung aloeride. Kandungan inilah yang bisa mencegah sekaligus mengobati kanker.
  3. Wortel Wortel dikenal sebagai sayur kaya vitamin A bukan? Vitamin A ternyata sangat bagus untuk mencegah sekaligus mengobati kanker yang timbul. Sobat sehat bisa konsumsi wortel agar tidak terkena kanker.
  4. Jahe Rempah-rempah asli Indonesia ini merupakan rempah yang bisa mencegah sekaligus mengobati kanker. Wedang jahe bisa dikonsumsi dua kali sehari untuk mencegah dan mengobati kanker.

Perlu dicermati, walaupun bahan-bahan herbal di atas dianggap dapat menyembuhkan kanker. Namun, Anda harus meraciknya sendiri dan harus menakarnya secara cermat sehingga alih-alih mengobati malah bisa berefek buruk. Cara lain yang lebih efektif dan aman yakni dengan mengonsumsi obat herbal terstandar yang telah dijamin khasiat dan keamananya oleh BPOM RI. Salah satunya adalah Obat Kanker Herbal Daun Teratai atau Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao. Obat berkategori Obat Herbal Terstandar (OHT) ini 100% terbuat dari tanaman langka dari Yunnan, China. Walaupun berbahan dasar dari negeri China, namun obat ini ditemukan oleh Saleh Setiawan yang berasal asli dari Indonesia. Kelebihan Obat Herbal Kanker Daun Teratai di antaranya adalah: Telah diuji di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi UGM Yogyakarta; Telah diuji juga di Laboratorium Kuljar RS Dharmais Jakarta; Terdaftar di Badan POM dengan No. HT.983.395.431.; Tersertifikasi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) oleh Badan POM No. 0125/CPOTB/03/43/1/2010; Selain itu, obat ini telah beredar lama di Indonesia, yaitu sekitar 34 tahun.