Asupan Makanan Agar Cepat Pulih dari Kemoterapi

Kemoterapi yang dilakukan oleh para pasien kanker akan memberi perubahan besar dalam metabolisme tubuh. Jika tidak ditangani dengan tepat maka bisa berdampak tidak baik.

Asupan Makanan Agar Cepat Pulih dari Kemoterapi
Ilustrasi Asupan Makanan Saat Proses Kemoterapi, Sumber Gambar: Dok. Liputan6

Kemoterapi yang dilakukan oleh para pasien kanker akan memberi perubahan besar dalam metabolisme tubuh. Jika tidak ditangani dengan tepat maka bisa berdampak tidak baik. Makanan sebagai sumber nutrisi dapat membantu memulihkan pasien yang telah melakukan kemoterapi.

Jenis makanan untuk pasien kemoterapi

Pasien kemoterapi membutuhkan asupan makanan yang berkalori dan protein tinggi. Zat ini diperlukan untuk membantu proses pemulihan sel yang terkena dampak pengobatan. Tak hanya itu, makanan berserat larut air dan asam lemak esensial juga dapat membantu memulihkan energi yang telah terkuras pada saat melakukan kemoterapi. Menjaga keseimbangan gizi dapat mempercepat pemulihan kondisi pasien.

Lalu makanan apa sajakah yang tepat untuk mengatasi dampak pascakemoterapi?

  • Sulit menelan.

Beberapa pasien akan mengalami kesulitan menelan makanan. Susu low fat dapat membantu agar makanan mudah masuk ke dalam tenggorokan.

  • Diare

Gangguan dalam sistem pencernaan dapat menyebabkan diare. Mengonsumsi makanan berserat seperti pisang, apel, dan nasi dapat membuat buang air besar kembali seperti semula.

  • Sembelit

Kebalikan dengan pasien yang alami diare, beberapa kasus justru mengalami sembelit. Ini dapat diatasi dengan banyak minum dan makan jenis pangan yang mengandung serat tak larut seperti roti gandum, sereal, atau kacang polong kering.

  • Mual

Kondisi menjeluak secara umum akan dialami pascakemoterapi. Ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe yang dijadikan minuman atau permen.

  • Lemas

Pasien kemoterapi biasanya akan mengalami lemas, letih dan lesu. Kehilangan energi pascakemoterapi dapat diatasi dengan mengonsumsi ikan, telur, daging dan makanan lain yang mengandung protein tinggi.

Jenis makanan yang dilarang untuk pasien kemoterapi

Untuk menjaga kondisi pasien yang melakukan kemoterapi, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari, antara lain:

  • Makanan asam, ini akan memicu asam lambung tinggi ataupun gangguan pencernaan seperti diare.
  • Makanan pedas, selain mengakibatkan diare atau sakit perut, rasa pedas akan menyebabkan gangguan pada area mulut dan tenggorokan.
  • Sayur dan daging mentah. Mikroba yang ada dalam sayur atau daging mentah akan menyebabkan infeksi. Ini sangat berbahaya terhadap keseimbangan imunitas pasien yang tidak stabil.
  • Makanan cepat saji. Jenis makanan ini biasanya dimasak dengan tidak sempurna dan menggunakan bahan penyedap yang dapat memicu sel kanker menjadi lebih aktif.

Stabilkan kondisi tubuh dengan obat herbal

Kondisi tubuh yang labil akibat kemoterapi kerap dirasakan oleh para pasien. Ketika harus melawan kanker, mereka pun harus berjuang untuk memulihkan tubuhnya dari reaksi negatif yang hadir karena kemoterapi. Beberapa bahan alami akan membantu pemulihan lebih cepat. Salah satu yang kini menjadi andalan masyarakat yaitu Obat Herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao

Kapsul ini mengandung dua jenis mineral hebat yang sangat bermanfaat untuk menjaga mentabolisme tubuh. Kedua zat itu adalah Germanium dan Polisakarida. Tak hanya menjaga, zat yang termasuk golongan mineral ini mampu menghalangi pertumbuhan sel abnormal dan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga dapat menghasilkan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Germanium dan Polisakarida yang terkandung dalam obat yang sering disebut dengan Herbal Daun Teratai ini ditemukan dalam penelitian dan uji klinis yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Universitas Gadjah Mada dan RS Kanker Dharmais. Atas pengakuan dari tim ahli ini akhirnya PT. Daun Teratai mendapatkan izin produksi dari BPOM dan hak legalitas sebagai Obat Herbal Terstandar. Majelis Ulama Indonesia pun telah memberikan label HALAL untuk menjamin bahan dan proses pembuatan benar-benar aman dari segi agama.

Beberapa testimoni dari kapsul herbal ini membuat banyak orang yang mengonsumsinya, terutama pasien dengan penyakit kanker, tumor, diabetes, darah tinggi, dan penyakit berat lainnya. Bahkan saat pandemic seperti ini, OHT Daun Teratai dapat digunakan untuk menyembuhkan dan menjaga serangan Covid-19.